Cara memimpin yang efektif

*MEMIMPIN*
Bgm agar efektif?
---------------------------
Aww. Rekans yg baik, kita mungkin pernah mendengar orang bilang sprt berikut dg marah:"Ini pimpinannya benar2 tidak profesional....!". Pernyataan orang tsb tdk salah tapi juga tdk 100% benar. Mengapa?
Pemimpin memang hrs profesional, jika tidak mk semua orang menjadi resah dan bingung. Apa itu kepemimpinan profesional? Kepemimpin profesional itu berperilaku, misalnya: menyusun visi, misi, dan strategi; mengkoordinasikan, mengarahkan, dan menciptakan proses2 yg diperlukan. Tapi, memimpin tdk cukup hanya mengandalkan pada profesionalisme. Mengapa?
Profesionalisme saja tdk akan mampu membuat orang bersedia  bekerjasama untuk mencapai tujuan2 yg telah ditetapkan. Mengapa? Kerena yg dipimpin adalah manusia. Manusia perlu sentuhan-sentuhan personal, sehingga jika hanya mengandalkan kepemimpinan profesional  tidaklah cukup, tapi harus dilengkapi juga dengan kepemimpinan personal. Apa itu kepemimpinan personal? Kepemimpinan personal adalah kepemimpinan yg berperilaku, misalnya: sabar, menjaga dan memperhatikan orang2 di kantornya, berbagi, beretika, dan bermoral. Kepemimpinan inilah yg membuat orang2 bersedia bekerjasama untuk mencapai tujuan2 yg sdh ditetapkan. Kepemimpinan profesional concern pada bgm menghadapi *tugas2* di tempat kerja, sedangkan kepemimpinan personal concern pada bgm menghadapi *orang2* di tempat kerja. *So, jika kita ingin memimpin secara efektif, ada baiknya kita coba mererapkan kepemimpinan personal dan profesional sekaligus*. Atau rekans sdh menerapkannya? I hope so. Smg bermanfaat, juga untuk yg menulis. Www.

Comments

Popular posts from this blog

Cerita dibalik Doa Akasah

Kosa kata bahasa Jawa yang sangat kaya

Cara mensikapi bencana alam