Agen Perubahan

THE FUTURE SHOCK ….
#SHAREIFYOUAWARE

Gelombang kejut ….
yang bisa membuat milyaran orang terlongong bengong dimuka bumi ini. Yang mungkin hanya bisa diimbangi oleh kejutan dahsyat jatuhnya meteor raksasa di semenanjung Yucatan 60 juta tahun yang lalu. Serentak, para raksasa perkasa bertumbangan. Jaman keemasan para reptil raksasa sekelas T-Rex berhenti sampai disitu. Karena tak tahan dengan gempuran perubahan iklim dan cuaca di dunia ….

Siapa yang menyangka, kalau para reptil perkasa itu bisa punah nyaris seketika. Persis tak ada yang mengira ketika rezim orba yang bercokol 32 tahun dan demikian menggurita, juga runtuh di demo mahasiswa. Tak ada yang pasti dimasa depan. Menyediakan sejumlah kejutan, yang bisa meruntuhkan dan meratakan sebuah jaman dan peradaban.

Satu-satunya kepastian dari masa depan adalah konsep ketidak-pastian nya. Yang membuat masa depan bagi sejumlah pihak menjadi gamang tuk dihadapi. Sebuah premis dari kejutan masa depan, yaitu .. apapun yang telah kau raih saat ini, tak akan pernah menjadi jaminan apapun bagi masa depan.
Tidak kedudukan, tidak pangkat, tidak kekayaan, tidak keilmuan, tidak apapun yang telah mampu kita peroleh saat ini.

Akhir abad ke 20 kemaren, kita sekali lagi menyaksikan perubahan jaman, dari modern menuju post modern. Dari tatanan masyarakat industrialis ke masyarakat jaringan. Dari masyarakat bertempo cepat, ke masyarakat yang berlari super cepat. Hukum ketidak pastian masa depan, bukan lagi berada di ujung jalan, namun sudah mengetuk tepat didepan pintu rumah kita masing-masing.

Ayah yang kemaren bisa hidup, dan menafkahi keluarga dengan pekerjaan tetap, serta mengandalkan keahlian tertentu. Kini sudah harus berfikir ulang. Keahlian kemaren tak lagi dibutuhkan, karena perkembangan kebutuhan masyarakat disekitarnya. Lupakan mimpi pekerjaan yang bisa seumur hidup, the long life job. Lupakan pendapatan yang pasti. Lupakan pasar yang tetap. Lupakan pelanggan setia , bahkan kompetitor yang terprediksi.

Semua dikenai perubahan, baik perlahan sehingga tak kasat mata. Namun juga bisa tiba tiba dan seketika. Sekali lalai, anda akan jadi bangkai. Sekali santai anda akan terhempas terkulai. Digerus oleh perubahan demi perubahan yang bak lokomotif lewat, berhenti sejenak di statsiun, lalu berangkat, tak peduli penumpang yang naik atau tertinggal…

Satu satunya cara untuk menghadapi sang perubahan, adalah ikut dengan perubahan itu sendiri. Berubah dalam cara pandang, sampai berubah dalam nilai-nilai dan gaya hidup. Perubahan yang terus menerus, menjanjikan sebuah harmoni baru. Bukan sebuah kesetimbangan statis yang stagnan, namun kesetimbangan dinamis yang mampu berubah secara berkesinambungan.

Konsekwensi logisnya adalah, merubah cara pandang Long Life Job, menjadi Long Life Learning …. Belajar seumur hidup, bahkan sejak kaki buaian, sampai ke tepi liang lahat kelak …

Tidak lagi mengandalkan kepastian kedudukan yang telah didapat saat ini, namun menjadi motivator bagi sekelilingnya, agar terus berkembang dengan dinamis, dari sebuah kesetimbangan pada kesetimbangan baru diatasnya.

Sebuah pemeranan yang bermartabat
menjadi problem solver tanpa lelah
seraya menjadi agen agen perubahan
bagi masyarakat disekitarnya…menjadi THE AGENT OF CHANGE !

By Yat Lessie

Comments

Popular posts from this blog

Cerita dibalik Doa Akasah

Kosa kata bahasa Jawa yang sangat kaya

Cara mensikapi bencana alam