Gairah belanja perusahaan China

Dr. Suhendra

Gairah belanja perusahaan China

Sepanjang negosiasi penjualan bandar udara Frankfurt Hahn ke perusahaan Cina, publik semakin terbuka mata bahwa ternyata sudah banyak perusahaan - perusahaan high tech Jerman Yang sekarang sudah menjadi milik pengusaha Cina.

Hampir tiap minggu ada satu perusahaan Cina mengajukan tawaran untuk beli perusahaan perusahaan di Jerman. Demikian ekstrim gairah belanja orang orang tajir Cina ini diberitakan sebuah Institut analisa pasar di Jerman.

Saya jadi saksi bagaimana "keganasan" mereka membeli "Second Hand" perusahaan atau mesin mesin manufaktur Jerman di bidang produksi polikristalin Silicon untuk bahan baku sel surya. Semua alat utama milik perusahaan tempat saya permah bekerja dibeli perusahaan Cina: Reaktor Hidrogenasi, Reaktor Disproporsionasi, unit produksi silicon rod. Semua brand "made in Germany" milik perusahaan asli Jerman dan Salah satu "brand Silicon Valley" provinsi Sachsen Anhalt" berganti pemilik dan sekarang sudah berada di tanah Cina. Sementara beberapa perusahaan PV lokal lainnya d Jerman dibeli pengusaha China dan sekarang berproduksi dengan bungkus Label "made in Germany" tetapi diproduksi Management Cina di Jerman.
Pebisnis menangkap fenomena gairah belanja Cina ini sebagai motiv menghilangkan image "low quality" menjadi "high quality" producer sekaligus melangkah menjadi pemain Industri strategis masa depan.

Bila banyak kalangan akademisi diskusi tentang "transfer teknologi" , maka apa Yang dilakukan pebisnis Cina lebih dari itu. Ibaratnya: Mereka beli warung nya, kirim kokinya dan sekarang jualan dengan warung lebih modern. Beli perusahaan sekaligus kirim para insinyur dan praktisi bisnisnya. Begitu kurang lebih model "transfer teknologi" Yang semyap tapi pasti berjalan.
Di dunia medis , produksi obat-obatan dan alat Transporasi sudah Lama mereka mulai.

Jangan heran di Cina sudah mulai unjuk gigi penantang Air Bus atau Boeing, Q-Cell atau First Solar, Bayer HealthbCare dll termasuk perusahaan2 IT dan engineering concultancy Yang relativ lebih "mudah" dibeli.

Wa bil khusus buat beberapa kawan dan ilmuwan Indonesia Yang beberapa Hari terkahir kirim email akan datang ke Jerman untuk Training inovasi teknologi, semoga berita Yang saya tulis bisa menjadi wacana baru model percepatan alih teknologi di tanah Air.
Selamat berjuang !

Leipzig, lupa tanggal berapa :)

Comments

Popular posts from this blog

Cerita dibalik Doa Akasah

Kosa kata bahasa Jawa yang sangat kaya

Cara mensikapi bencana alam